Pemahaman Dasar Desain dan Tutorial Desain Grafis Corel Draw

Corel Draw

Pengertian Corel Draw – Bagi orang-orang yang menggeluti dunia desain tentu sudah tidak asing dengan software photoshop, adobe illustrator, sketchUp dan juga Corel Draw (ditulis CorelDraw), 
Corel draw sendiri adalah editor grafik vektor, ia mempunyai beberapa versi mulai dari versi 1 sampai yang terbaru adalah CorelDraw Graphics suite 2019 atau X9 yang versi full version aslinya dibanderol $699 atau sekitar 9,5 jutaan.

Pengertian Corel Draw adalah sebuah program komputer editor grafik vektor yang berfungsi untuk mengolah gambar dan banyak digunakan pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi. Corel Draw (ditulis:CorelDraw) merupakan software yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Fungsi Corel Draw
Corel Draw menawarkan beragam keunggulan kepada penggunanya. Sebagai program yang banyak digunakan untuk proses visualisasi. Corel Draw dapat menghasilkan gambar dengan kualitas baik dan tidak kalah dengan bitmap meskipun berbasis vektor. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari coreldraw;

1. Membuat Desain Logo

Sebuah perusahaan, website, toko ataupun lembaga membutuhkan logo sebagai lambang identitas kebanggaannya. Para desainer grafis biasanya menggunakan Corel untuk membuat hal tersebut.
2. Membuat Desain Brosur, Poster dan Undangan

Membuat brosur atau undangan lebih menarik jika tampilannya gak flat. Dengan coreldraw kamu bisa membuat desain lebih menarik, apalagi dengan banyaknya pilihan font yang bisa dikombinasikan dengan gambar dan beragam warna.

3. Membuat Desain Sampul Buku

Sebuah buku akan terlihat menarik jika covernya juga menarik. Corel banyak digunakan untuk membuat sampul buku, mulai dari cover yang bergaya desain sederhana sampai rumit.

4. Membuat Ilustrasi

Corel juga biasa digunakan untuk membuat ilustrasi, misalnya ilustrasi serigala yang tengah mengaum di tengah bulan purnama dan sebagainya.

5. Membuat Kartun

Kamu bisa berkreasi dengan garis dan lengkungan untuk menciptakan tokoh imajinatif seperti dalam dunia perkartunan. Kamu bisa membuat gambar kartun yang dirangkai dengan plot cerita, sehingga nanti menjadi sebuah komik yang dapat dinikmati para pembaca.

Berikut ada tutorial dasar corel draw :

01 Menjelaskan menu dan ikon pada Corel Draw



02 Menyimpan dan membuka file corel draw



03 Mengenal teknik shaping pada corel draw



04 Membuat kartu nama sederhana



05 Membuat logo sederhana



06 Membuat kartu ucapan sederhana



07 Membuat teks artistik



08 Membuat desain stempel



09 Membuat Id Card



10 Mengeksport dan Mencetak dokumen corel draw






Posting Komentar

0 Komentar